Update Skincare Routine During Pregnancy

by - 2:26:00 AM

Hai beauties...^^ Apa kabar?

Rasanya sudah lama banget ya aku gak ngeblog, terakhir kayanya waktu aku masih single deh alias belum married dan tau-tau sekarang udah hamil aja hehee. Yups, alhamdulillah aku sudah menikah pada 08 April 2018 lalu dan saat ini aku sedang mengandung anak pertamaku yang kini usianya sudah memasuki minggu ke-27 so, itu artinya minggu depan aku sudah memasuki tahap trimester ketiga, duh.. jadi makin gak sabar bertemu si buah hati... hehehe

Oia tapi pada postingan kali ini aku bukan membahas tentang perjalanan kehamilanku loh yaa hanya saja sebagai prolog sebelum memasuki tahapan aku menujukan maksudku untuk membahas update skincare-ku selama kehamilan.  


Sebetulnya gak banyak yang berubah dari skincare routine-ku sebelum dan saat masa kehamilan, karena sebelum hamilpun aku sudah banyak memilah-milah produk yang aman digunakan untuk promil jadi aku hanya mengganti beberapa produk saja yang sekiranya mengandung bahan-bahan yang tidak diperbolehkan untuk ibu hamil. 

Berikut produk-produk yang aku gunakan selama masa kehamilan:

  • Cleansing Oil - Bioderma Sensibio H2O Micellar Water : Nah untuk tahapan ini masih sama seperti skincare routine aku sebelumnya, aku belum move on dari si Bioderma dan biasanya aku pakai saat aku ingin menghapus make-up lengkap seperti setelah kondangan atau ke pesta. So, buat kalian yang belum tahu, Bioderma adalah prionir micellar water loh yang produknya sudah melalui uji klinis dengan hanya memilih kandungan yang dibutuhkan oleh kulit. Produk ini tidak mengandung pewangi, alkohol, dan paraben sehingga aman untuk semua jenis kulit terutama untuk ibu hamil.
  • Exfloating Scrub - ST. Ives Apricot Scrub Fresh Skin : Yups produk ini aku pakai selama kehamilan menggantikan produk yang sebelumnya aku pakai si Bio-Essence Deep Exfloating Gel. Sebenarnya aku mengganti produk ini hanya karena ingin membunuh rasa penasaran aja sama ST. Ives karena waktu itu produk ini lagi booming-boomingnya dan ternyata memang cocok buat aku, benar-benar membersihkan seluruh kotoran di wajah, kulit juga terasa fresh dan lebih cerah. Oia satu lagi yang buat aku akhirnya re-purchase produk ini, yaitu karena aromanya enak dan tidak terlalu menyengat seperti Bio-Essence. Aku biasa menggunakan produk ini seminggu 2-3 kali sebagai treatment agar kotoran diwajahku gak terlalu menumpuk.
  • Cleansing Foam / WashKojie SanUntuk facial wash aku masih menggunakannya saat aku hamil, aku sangat cocok pada produk ini karena tidak membuat wajahku terasa ketarik saat selesai menggunakanannya. Namun, baru-baru ini aku sedang tergiur oleh produknya Cetaphil Oily Skin Cleanser. Kesan pertama kali saat menggunakan produk ini aku merasa sangat exited karena ia memiliki wangi yang enak dan busa lembut yang mampu membersihkan minyak, kotoran dan make-up dari permukaan kulit tanpa menyebabkan kulit kering dan kerennya lagi Cetaphil merupakan salah satu produk yang dianjurkan oleh para dermatologist untuk ibu hamil, jadi so pasti aman ya hehehe.
  • Tonning - Hada Labo Ultimate Moisturizing Lotion : Setelah menyelesaikan tahapan cleansing tibalah saatnya aku untuk membubuhkan wajahku dengan Hada Labo Ultimate Moisturizing Lotion ini. Aku biasa memakainya dengan cara dituangkan ke kapas lalu diusap lembut ke seluruh bagian wajah. Btw, ini namanya aja ya Lotion tapi aslinya mah kaya toner hehee. Keunggulan produk ini adalah selain harganya sangat terjangkau, teksturnya juga sangat ringan dan tidak lengket sehingga cocok banget untuk jenis kulitku yang cenderung berminyak. Hada Labo juga tidak menggunakan zat pewangi, zat pewarna, mineral oil jadi sangat aman untuk ibu hamil.
  • Serum - Sensatia Botanicals Facial C-Serum & The Ordinary Niacinamide 10% + 1% : Untuk serum aku gunakan dua serum yaitu Sensatia Botanicals Facial C-Serum & The Ordinary Niacinamide atas rekomendasi beberapa beauty blogger. Kedua serum ini sangat bagus dan aman untuk Ibu hamil. Sensatia Botanicals bisa dikatakan seperti pelembab yang memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit serta mencerahkan dan meningkatkan elastisitas kulit namun sayangnya serum ini kadang setelah digunakan esokannya bisa memunculkan jerawat apabila kita menggunakannya terlalu banyak, cukup 2 pumps saja ya. Yap kemunculan jerawat tersebut karena tingginya kandungan vitamin C yang ada didalamnya karena itu harus hati-hati menggunakan produk yang mengandung vitamin C. Untuk The Ordinary Niacinamide memiliki tekstur yang sangat ringan dan mudah menyerap jadi tidak lengket seperti serum kebanyakan. Serum ini juga tidak memiliki wangi yang menyengat karena serum ini memang tidak menambahkan fragrance dalam ingredientsnya. Biasanya aku gunakan secara bergantian pada pagi hari yang The Ordinary dan Sensatia untuk malam hari.
  • Moisturizing - Nature Republic Aloe Vera 92% Shoothing & Moisture Gel / Mist  Pada saat awal kehamilan sebenarnya aku masih menggunakan Nature E Daily Face Cream sebagai  pelembab sehari-hari, namun karena lagi-lagi aku termakan oleh kehebohan trend akhirnya aku langsung memutuskan untuk mengganti pelembabku dengan beralih ke Nature Republic Aloe Vera 92% Shooting Gel / Mist setelah Nature E Daily Face Cream-ku habis, terlebih setelah melihat kandungan yang berada didalamnya sangat aman maka membuat-ku tak lagi berpikir dua kali untuk mencoba dan merasakan manfaat dari Aloe Vera ini. Aku membeli dua jenis Aloe Vera sekaligus sebagai subtitute pada saat bepergian karena rasanya terlalu merepotkan jika harus membawa Aloe Vera yang bertekstur Gel, selain itu ukurannya juga terlalu besar sehingga terlihat sangat tidak praktis. 
  • Sunscreen - Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ : Untuk sunscreen aku masih setia sama Biore UV Aqua Rich ini hehehe. Lagi-lagi karena teksturnya yang sangat ringan saat digunakan membuat aku belum mau move on dari produk yang satu ini, ya walaupun terkadang kalau mau re-purchase aku harus cari yang diskonan dulu soalnya beda harga sangat lumayan. 
  • Sleeping Mask - Laneige Special Care Water Sleeping Mask : Sebelum tidur biasanya aku paksakan untuk menggunakan Sleeping Mask ini agar saat bangun tidur kulit wajah menjadi terasa kenyal dan lembut. Aroma wangi dari Laneige Sleeping Mask ini sangatlah menenangkan jadi sangat cocok untuk digunakan saat ingin tidur. Produk Laneige ini juga sangat aman untuk ibu hamil karena proses pembuatannya berbahan dasar air.
  • Lip Care - Nivea Lip Butter Raspberry Rose : Jujur aja nih ya kalau soal lipcare aku seringnya gak pakai, jadi kalau lagi pengen aja atau kalau lagi ngerasa bibir kering banget baru deh aku pakai. Jadi aku belum pernah re-purchase produk ini sama sekali karena isinya aja gak habis-habis sangking jarangnya dipakai :p

  • Body Oil - Bio Oil : Dari sebelum hamil aku banyak banget searching-searching tentang pencegahan stretch mark dan mereka merekomendasikan Bio Oil sebagai treatment terbaik untuk pencegahan bahkan penghilang stretch mark. Memang tak bisa dipungkiri  ya kalau bawaan kehamilan itu dapat memungkinkan kita memiliki stretch mark tapi jika kita dapat mencegahnya mengapa tidak kita lakukan? hehee. Sejak awal kehamilan hingga sekarang aku gak pernah absen untuk mengoleskan si Bio Oil ini disekitar perut, pinggang dan paha setelah selesai mandi pada pagi atau malam hari dan alhamdulillah hingga saat ini belum ada tanda-tanda kemunculan stretch mark dan semoga memang tidak akan ada ya hehe aamiin. 
Nah demikianlah tahapan update skincare routine aku selama kehamilan dan sejauh ini aku merasa sangat aman menggunakan semua produk yang aku sebutkan diatas. Semoga dapat menginspirasi dan membantu para Ibu hamil yang masih galau ya antara mau tetap perawatan atau tidak selama kehamilan. Tapi yang terutama dan paling utama tetap kenali dahulu jenis kulit kalian agar lebih tahu produk yang harus digunakan sehingga tidak membuat kulit yang kalian cintai malah terlihat tidak baik. 

See you on my next posts. Terima kasih ^^ 


You May Also Like

0 comment

Instagram