MY SKINCARE ROUTINE

by - 1:59:00 AM


Hai semua^^

Postingan kali ini aku akan memberikan bocoran buat temen-temen yang belakangan ini bertanya-tanya ataupun memberi komentar "Hai Dian... wajah kamu pakai apa? kok bagus banget?" / "Dian, kamu lagi pakai cream dokter apa? bagus deh :D / "Diaaaan, info dong! kamu wajahnya dipakein apa kok bisa bagus gitu sih, bersihan...", dan masih banyak lagi :D. 

Nah, disini aku mau coba jawab rasa penasaran dari temen-temen semua^^.

Sebenarnya dua bulan belakangan ini aku lagi menjalani proses perawatan kulit wajah ala korean skincare routine. Ya sesuai dengan nama belakangnya "ROUTINE" yaitu dilakukan setiap hari secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum tidur dan kenapa disitu juga disebut KOREAN SKINCARE? karena jenis perawatan ini biasa digunakan oleh orang-orang korea untuk mendapatkan kulit yang bagus dan sehat. Lalu kenapa kok bisa kepikiran menjalani korean skincare routine? awalnya sih aku cuma iseng-iseng browshing di internet kira-kira bagaimana cara merawat kulit dengan benar? / apa rahasia cantik kulit sehat dan cerah? nah disitu aku menemukan informasi-informasi mengenai daily skincare yang ternyata banyak banget tahapan untuk mendapatkan kulit cerah alami. Nah, disitu aku mulai memahami, mengapa orang korea (ya walaupun mayoritas oplasan) mampu tampil cantik dan bening tanpa harus dengan make up dempul.
Dari situ aku mulai menyadari bahwa perawatan kulit wajah yang aku lakukan selama ini kurang maksimal, makanya kulitku juga sering banget jerawatan belum lagi efek jangka panjang, bisa jadi kulit wajahku bisa mengalami penuaan dini, ihhhh serem banget kan :(

So, sejak tau tentang pentingnya merawat kulit wajah, aku mulai rajin-rajin browshing di internet mengenai produk apa saja yang paling direkomedasikan untuk jenis kulitku. Tapi, sebelum aku masuk ke tahapan menjalankan korean skincare routine aku terlebih dahulu harus mengetahui jenis kulitku, apakah kulitku termasuk kulit yang normal (cenderung kering) atau kulit normal (cenderung oily) atau bisa jadi keduanya / kombinasi (normal dan oily disekitar T-zone). Nah, aku sendiri memiliki jenis kulit keduanya / kombilnasi, yakni normal dan oily disekitar T-zone. So, kalau sudah tau jenis kulit, tinggal cari produknya aja deh yang paling recommended untuk jenis kulitku. Nah ini berlaku juga buat kalian yang ingin coba juga perawatan kulit ala korean skincare routine, kalian juga mesti tau dulu ya jenis kulit kalian itu apa.  Setelah kalian mengetahui jenis kulit kalian baru kalian bisa memutuskan produk apa yang bisa kalian gunakan. Ini berguna untuk menghindari kesalahan dalam membeli produk, tapi aku juga sangat menyarankan pada kalian kalau alangkah baiknya kalian membeli produk paket travel (travel kit) terlebih dahulu karena apabila produk yang kita beli itu ternyata kurang cocok diwajah kita maka kita tidak akan terlalu sayang karena sudah membuah uang dengan harus membeli produk yang baru :D.

Nah, sekarang kita masuk ke tahapan skincare routine-ku ya:
  1. Cleansing Oil 
    Pada tahapan ini sebenarnya hanya proses pembersihan, yakni membersihkan wajah dengan cara yang benar hingga tidak meninggalkan noda setitikpun pada wajah. Biasanya setelah penggunanaan make-up seharian, aku menggunakan BIODERMA Sensibio H2O dengan cara dituang ke kapas sebagai make-up remover / Solution Micellaire agar sisa make-up yang cenderung waterproof bisa terangkat dengan baik. 
  2. Cleansing Foam / Facial Wash 
    Nah setelah proses cleansing oil, baru aku mulai menggunakan sabun cuci muka untuk proses pembersihan, biasanya aku lakukan pada saat mandi pagi / sebelum tidur. Untuk facial wash sendiri aku menggunakan produk dari Philiphines kojie-san. Produk ini sangat bagus dan cocok banget untuk aku karena tidak membuat kulitku kering.
  3. Exfolating Scrub
    Tahapan ini biasanya aku lakukan dua kali seminggu, proses ini sangat bagus untuk membantu mengangkat kulit mati pada kulit agar kulit tetap terjaga kecerahannya. Aku sendiri menggunakan Deep Exfloating Gel dari BIO-ESSENCE.
  4. Tonning, Serum & Essensce
    Jujur aja ya, sebenarnya tahapan ini sangat baru buat aku, karena selama ini aku cuma ngandelin facial wash dan cream dokter yang cocok aja plus bedak no-sebum untuk perawatan sehari-hari dan yaah! ternyata setelah baca-baca dan browshing sana-sini aku baru paham kalo tahap ini adalah tahap yang terpenting :( dan kalau kalian juga mau tau rahasia orang korea kenapa wajahnya pada mulus-mulus dan awet muda yaa ini dia rahasianya! mereka itu makhluk terajin di muka bumi yang sangat peduli akan kelembaban dan kesehatan kulitnya, makanya jangan heran deh walau gak oplasan juga mereka kulitnya tetep awet muda :D. So, kalian juga gaboleh skip tahapan ini yaa! :D. Untuk urutan cara penggunaannya, pertama-tama gunakan dulu toner dengan cara dituang ke kapas guna memaksimalkan proses pembersihan wajah dari sisa-sisa make-up agar semua kotoran dapat terangkat dengan baik, lalu dilanjutkan dengan serum dengan cara dituang sedikit saja ke telapak tangan lalu ditepuk-tepuk ke wajah, dan tahap terakhir yaitu essence, pengaplikasiannya sama dengan serum, cukup dituang sedikit ke tangan lalu ditepuk-tepuk ke wajah sambil dipijat. Aku menggunakan ALOE BHA SKIN TONER dari BENTON sebagai toner, WARDAH LIGHTENING FACIAL SERUM sebagai serum dan SNAIL BEE HIGH CONTENT ESSENCE untuk essence-nya.
  5. Sunscreen / Sunblock & Moizturezier 
    Yap, mungkin kalian berasa aneh kok segala pakai sunscreen / sunblock? emangnya mau berenang :D nah sebenarnya ini juga sempet jadi pertanyaan aku pas awal-awal sebelum paham apa manfaatnya. Tapi sekarang aku gak akan melewati tahapan ini setiap harinya, karena begitu besar manfaat yang kita akan dapatkan sekaligus bahaya yang akan kita cegah dengan penggunaan sunscreen / sunblock. Yap, manfaatnya sudah pasti banyak yang tau yaa, seperti melindungi wajah dari paparan sinar matahari guna menghindari dampak negatif sinar ultraviolet yang memiliki kandungan diantaranya UVA, UVB dan UVC.  Menurut dr. Nanang Masrani, seorang konsultan kecantikan, sinar-sinar tersebut memiliki peran sebagai perusak jaringan kulit, diantaranya UVA menyebabkan jerawat, psoriasis, kulit menggelap (tanning) dan beberapa kerusakan kulit lainnya, sedangkan sinar UVB berpengaruh pada penuaan dini, seperti kerutan dan flek hitam, dan UVC sendiri sering-sering disebut sebagai penyebab kanker kulit, nah bahaya banget kaaan? Sebelum penggunaan sunscreen / sunblock, aku terlebih dahulu menggunakan moisturizer HYDRTAING ALOE VERA dari WARDAH kemudian dilanjutkan dengan menggunakan DAILY FACE CREAM dari NATURE-E sebagai pelembab dan terakhir baru deh menggunakan sunscreen / sunblock sebelum proses makeup. Pelembab disini bebas ya, bisa juga menggunakan day/night cream dokter.
  6. Sleeping Mask, Eye Sleeping Mask & Lip Butter
    Nah ini dia nih ritual wajib aku sebelum pergi tidur, memakai Water Sleeping Mask dan Eye Sleeping Mask dari LANEIGE, masker yang bisa dipakai saat tidur dan baru dibilas paginya, sangat simple bukan? tidak perlu menahan ngantuk untuk membilasnya karena bisa dipakai untuk tidur. Aku juga memakai NIVEA Lip Butter untuk menjaga kelembaban serta warna asli bibirku. 
Nah, itu dia bocoran korean skincare routine aku, semoga bermanfaat yaa ^^. 

PS: Untuk ulasan harga dan belinya dimana akan aku ulas pada postingan selanjutnya ya :).

You May Also Like

0 comment

Instagram