Tips Sukses ASI Ekslusif untuk WORKING MOM

by - 1:36:00 AM


Sebagai seorang working mom, wajib bagi kita untuk menjunjung tinggi niat dalam hati jika ingin memberikan ASI secara esklusif pada buah hati karena tidak jarang banyak sekali mereka para mommies yang dengan berat hati memilih beralih ke SUFOR dikarenakan kondisi bekerja yang mengharuskan mereka menyerah untuk tetap memberikan ASI pada si kecil. Tentunya kondisi tersebut bukan semena-mena tanpa alasan ya moms, karena setiap Mommy pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Jadi baik diberi ASI maupun SUFOR, kita sama-sama hebat! 

Nah disini aku mau curcol sedikit mengenai persiapan aku mulai kembali lagi bekerja setelah cuti melahirkan. Rasanya campur aduk banget moms. exited, nerveous tapi juga sedih. Exited karena setelah sekian lama akhirnya bisa ketemu teman-teman kantor lagi, nerveous karena ini moment pertama aku ke kantor dengan status baru yakni emak-emak anak satu (hehehe), dan sedih pastinya karena moment seharian bersama si kecil akan berkurang hikss.

Untuk persiapannya tentu harus diatur secara matang agar proses mengASIhi-pun bisa berjalan dengan maksimal. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Siapkan jumlah ASIP yang cukup untuk diminum si kecil selama waktu moms tinggalkan bekerja sebelum moms berangkat.
  2. Sediakan penghangat ASIP agar saat ASIP diberikan si kecil tetap terasa fresh dan tidak dingin.
  3. Atur jam pemberian ASIP sesuai dengan waktu Mommy menyusui saat dirumah (2-3 jam sekali).
  4. Jaga kualitas ASIP dengan membekukan disuhu yang pas atau letakan pada lemari pendingin sebelum siap untuk dikonsumsi agar ASIP tetap fresh.
  5. Upayakan agar menabung ASIP selama masa cuti melahirkan agar tidak tumpang tindih saat moms sudah mulai kembali bekerja.

Selain hal-hal penting di atas, tentu moms juga harus mempersiapkan diri moms kira-kira apa saja sih yang harus dilakukan dan dipersiapkan selama bekerja agar sukses jalani ASI Ekslusif sebagai Working Mom, Ini dia moms:

  1. Manajemen waktu perah. Usahakan tetap disiplin ya moms, karena jika kita sudah mengatur waktu perah secara disipilin maka produksi ASI kita akan tetap stabil meskipun si kecil tidak langsung menyusu pada kita.
  2. Melakukan Power Pumping, demi meningkatkan supply ASI. 
  3. Usahakan menyusui bayi sebelum berangkat dan sepulang bekerja.
  4. Melakukan perah setelah usai menyusui si kecil.
  5. Menyiapkan peralatan perah/pumping (baik elektrik maupun manual) dan kantung ASIP.
  6. Membawa apron/penutup kain menyusui agar proses memerah lebih aman dan nyaman.
  7. Siapkan hand sanitizer agar tangan selalu dalam keadaan steril saat memindahkan ASIP ke kantung ASIP.
  8. Membawa tissue.
  9. Membawa cooler bag beserta ice bag untuk menyimpan ASI yang telah diperah agar tetap fresh.
  10. Perbanyak makan dan minum. Ini mutlak ya moms, karena bila kita makan dan minum sangat sedikit maka produksi ASI akan menurun jadi untuk busui mohon untuk tidak memikirkan BB ideal dulu yaa :p
  11. Perbanyak makan sayur-mayur terutama yang berwarna hijau gelap dan buah-buahan juga kacang-kacangan.
  12. Booster ASI, untuk booster ASI sendiri banyak jenisnya ya moms. Bisa jenis madu, teh, vitamin, susu atau juga cookies. Ini menurutku juga penting sebagai langkah ikhtiar ya moms.
  13. Dan yang terakhir lakukan dengan penuh cinta dan keikhlasan. karena sesungguhnya mengASIhi juga suatu bentuk rasa cinta kita kepada si kecil loh moms.

Nah jadi walaupun sebagai working mom, kita masih bisa memperjuangkan hak si kecil untuk menerima ASI Esklusif kok moms, jadi jangan patah semangat yah! Intinya kita harus tetap ikhtiar dan komitmen jika memang kita ingin memberikan ASI Ekslusif kepada si buah hati. Ini memang tidak mudah ya moms karena kita harus mengupayakan waktu untuk memerah ASIP disela-sela kesibukan pekerjaan yang menggunung, tapi itulah seninya moms!

Nah, sekian tips-tips sukses ASI Ekslusif dari aku, semoga bermanfaat ya moms.

Semangat MengASIhi!
Salam Busui!



You May Also Like

0 comment